Minggu, 10 Maret 2019

10 Makanan Khas Bengkulu Paling Enak Dan Populer

Makanan Khas Bengkulu - Sebagai sebuah provinsi yang berada di pesisir barat pulau sumatra Bengkulu ternyata menyimpan cukup banyak makanan dan juga masakan khas daerah. Dan khusus pada pembahasan kali ini kami hanya akan memaparkan 10 saja yang paling populer dan paling lezat versi www.awenesia.com

Masyarakat provinsi Bengkulu sebagian besar adalah orang melayu, sehingga beberapa masakan khas provinsi bengkulu ini memiliki kemiripan dengan makanan-makanan khas melayu. Dan yang cukup menarik pada makanan khas bengkulu ini adalah adanya salah satu buah-buahan yang di jadikan sayuran disini. Ingin tahu lebih lanjut seperti apa makanan khas bengkulu yang wajib kalian coba tersebut, Mari kita ulas di bawah : 

10 Makanan Khas Bengkulu Paling Enak


1. Gulai Pisang  


Makanan Khas Bengkulu Gulai PisangImage From : 7terbaik.com

Makanan khas yang pertama adalah gulai pisang, cukup unik bukan..!. Pada umumnya untuk mengkonsumsi buah pisang biasanya kita santap begitu saja ketika masak, atau mungkin di buat sale pisang ataupun keripik. Tapi berbeda dengan masyarakat bengkulu ia mengolah buah pisang untuk di jadikan sebagai bahan utama membuat gulai.

 Dan menurut pengalaman pribadi dari penulis buah pisang yang bisa di jadikan untuk membuat gulai ini memang tidak sembarangan. Ada pisang khusus yang memang bisa untuk di gunakan untuk membuat gulai. Pisang yang bisa di gunakan untuk membuat gulai bukanlah pisang yang sudah masak, melainkan pisang yang masih muda sehingga ia tidak hancur ketika di masukan pada santan.

Gimana penasaran gak nih..! Kalo teman-teman penasaran sama masakan yang satu ini sobat bisa datang kebengkulu.

2. Rebung Asam Undak Liling


 

Makanan khas bengkulu yang selanjutnya adalah Rebung Asam Undak Liling. Makanan yang satu ini terbuat dari rebung, dan juga keong hitam. Proses untuk membuat makanan ini terbilang ribet karena harus menunggu beberapa hari untuk merendam rebung nya agar keluar rasa asam dari rebung tersebut. Setelah proses perendaman selesai maka selanjutnya baru proses pemasakan bisa di lakukan. Pada proses memasak ini nanti barulah keong hitam di campurkan.

3. Kue lepek Binti


Jajanan Khas Bengkulu Lepek Binti
Image From : resepnusantara.id

Makanan Khas Bengkulu yang satu ini sangat mirip dengan kue nagasari, bahkan sama-sama di balut dengan daun pisang. Yang membedakan kue lepek binti dengan kue nagasari adalah isian di dalamnya. Jika pada kue nagasari anda akan menemukan buah pisang pada isian dalamnya maka pada kuie lepek binti isian itu di ganti dengan isian yang berkomposisi tepung ketan, garam, santan, daun salam, lengkuas dan masih banyak lagi bahan-bahan lainya.

Untuk temen-temen yang ingin mencoba kue lepek binti ini bisa datang ke bengkulu. Yang perlu menjadi catatan adalah pastikan anda datang di bulan ramadhan, karena pada bulan inilah jajanan ini banyak di jual di pinggir-pinggir jalan. Cukup sulit untuk mencari kue ini di hari-hari biasa.

4. Bagar Hiu


Makanan Khas Bengkulu Bagar Hiu
Image from : cookpad.com 

Bagar hiu adalah sebuah makanan dengan santan kental yang kemerah-merahan. Bisa dilihat dari namanya bahan utama untuk membuat bagar ini adalah daging ikan hiu. Daging yang di gunakan pun tidak semabarangan, karena biasanya orang bengkulu menggunakan ikan hiu tanduk sebagai bahan dasar utamanya.

Untuk makanan khas bengkulu yang satu ini memang sangat rekomended kawan. Bisa bayangin gak gimana enaknya bagar hiu ini. Dulu kala kabaranya ketika presiden Soekarano sedang menjalani pengasingan di bengkulu Bagar hiu adalah makanan favorit beliau. Pengen coba makanan ini kayak apa datang aja ke bengkulu hehehe.

5. Tempoyak


Makanan Khas Bengkulu Tempoyak
Image From : wikipedia.com

Tempoyak adalah makanan khas bengkulu selanjutnya yang berbahan dasar buah durian. Pada proses pembuatanya sendiri tempoyak harus melalu proses fermentasi. Di lakukan proses ini bertujuan untuk mengeluarkan cita rasa yang khas dari tempoyak itu sendiri. Pada proses pemasakan sendiri biasanya tempoyak di masak dengan ikan patin atau ikan-ikan yang lain.

Untuk temen-temen yang anti sama durian jangan coba-coba yah, ntar muntah lagi hehehe.!

6. Gulai Kemba'ang


Makanan Khas Bengkulu Gulai Kembaang
Image From : Grid.id

Makanan khas yang satu ini juga jangan sampai lupa anda cicipi ketika bedara di bengkulu. Gulai kemba'ang di bengkulu sendiri menjadi salah satu makanan terfavorit khususnya di kabupaten mukomuko. Mukomuko sendiri adalah sebuah kebupaten yang berada di ujung utara provinsi bengkulu dan berbatasan langsung dengan sumatra barat.

Gulai Kemba'ang tebuat dari iga sapi yang kemudian di olah dengan bumbu-bumbu khas bengkulu. Untuk sobat yang ingin mencoba makanan ini silahkan datang ke kabupaten mukomuko.

7. Perut Punai 


Image From : djofrontoneinnbengkulu.com

Makanan khas bengkulu yang satu ini adalah makanan ringan yang bisa di jadikan oleh-oleh ketika anda berkunjung kebengkulu. Makanan ini diberi nama perut punai dikarenakan ia berbentuk layaknya perut burung punai. Bahan dasar untuk membuat perut sendiri adalah beras putih, garam, gula, dan juga tepung.

Rasa dari perut punai sendiri adalah manis dan gurih, sangat cocok untuk camilan di kantor ataupun ketika sedang berada dalam perjalanan.

8. Pendap 


Makanan Khas Bengkulu pendap
Image From : kompas.com

Makanan khas berikutnya yang harus anda coba ketika berada di bengkulu adalah pendap. Bahan dasar untuk membuat pendap sendiri adalah ikan, kemudian di kombinasikan dengan bumbu-bumbu yang lain seperti cabe giling, kencur, bawang putih, kelapa parut muda. Pendap biasanya disajikan dengan di bungkus daun talas, makanan ini paling nikmat di sajikan ketika masih hangat dan  di santap dengan nasi putih.

9. Lempuk Durian 


Jajanan Khas Bengkulu Lempuk Durian

Bengkulu memang merupakan salah satu daerah yang banyak di huni pohon durian sehingga sangat wajar jika banyak olahan makanan yang berbahan dasar durian. Jika di olahan durian tadi kita sudah tau tempoyak maka di olahan kali ini adalah lempuk durian. Lempuk ini merupakan jajanan dengan cita rasa yang manis dan gurih.

Lempuk durian sangat mirip sekali dengan dodol, bahan dasar dari pembuatan lempuk ini adalah tepung gandum dan buah durian. Jika sobat sedang berkunjung ke bengkulu menggukan pesawat, anda bisa temukan jajanan ini di toko oleh-oleh di dekat atm bandara fatmawati bengkulu.

10. Kue Tat 


Jajanan Khas Bengkulu Kue Tat

Kue yang satu ini merupakan salah satu makanan khas bengkulu yang tergolong mahal karena pada masanya kue ini hanya disajikan untuk para raja atau kalangan bangsawan saja. Dan untuk sekarang temen-temen gak usah khawatir karena kue tat saat ini bisa anda temukan di toko-toko penjual oleh-oleh di kota bengkulu. Cita rasa dari kue ini manis dan juga gurih, di tambah lagi sangat empuk ketika di gigit.

Makanya kalo temen-temen sedang berkunjung ke bengkulu jangan lupa untuk membeli kue yang satu ini karena super duper lezat hehe. Mampir dulu cicipi besok kalok ketagihan balik lagi ya hehe...! Selain makanan yang lezat bengkulu juga menyimpan wisata alam yang menarik lo kawan.

Saya akan bahas wisata bengkulu  di artikel berikutnya. Oke sekian dulu artikel kali ini semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang kepo sama bengkulu. 

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search