Jumat, 13 September 2019

9 Air Terjun Bengkulu Yang Memiliki Keindahan Alam Paling Favorit

Saat ini tak hanya pulau jawa yang memiliki keindahan wisata alam, provinsi-provinsi yang berada di pulau sumatra juga punya potensi wisata alam yang menjanjikan. Salah satu provinsi yang banyak menyimpan keindahan alam di pulau sumtra adalah provinsi bengkulu. Kondisi geografis Provinsi Bengkulu yang berdekatan dengan Bukit Barisan membuat ia banyak di karuniai alam yang begitu sempurna. Dan khusus pada kesempatan kali ini saya akan membahas wisata alam Air Terjun yang berada di provinsi bengkulu, dan berikut ini adalah beberapa Air Terjun Bengkulu yang paling keren dan wajib anda kunjungi.

1. Air Terjun Curug Sembilan

9 Air Terjun Bengkulu Yang Memiliki Keindahan Alam Paling Favorit

Air terjun curug sembilan adalah sebuah air terjun yang berlokasi di kabupaten bengkulu utara yang mana air terjun tersebut tersusun sembilan tingkat air terjun. Oleh karena itu akhirnya air terjun ini di kenal dengan nama air terjung curug sembilan. Curug sembilan terletak di Desa Tanah Hitam, Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Air terjun ini menyajikan pemandangan keindahan alam yang sangat asri. Kanan kiri di tutup oleh balutan hijaunya hutan lindung, di tambah lagi lumut hijau yang menempel di dinding air terjun sangat menggambarkan kesan sejuk di lokasi tersebut. 

Perjalan yang harus di tempuh untuk menuju lokasi wisata ini adalah 120km dari bandara Fatmawati Bengkulu. Desa terakhir untuk mengunjungi wisata air terjun ini adalah Desa Tanah Hitam, dari desa inilah awal perjuangan yang sesungguhnya. Untuk menuju lokasi wisata kita akan melewati medan yang cukup berat karena medan berlumpur cukup dalam, sehingga kita harus menggunakan Motor trail atau berjalan kaki untuk menuju lokasi. 

Meski bermedan cukup berat tapi kita tidak akan di kecewakan di karenakan sepanjang perjalanan kita akan di sugguhkan dengan keindahan hutan lindung. Akses jalan setapak menuju lokasi dapat di tempuh dengan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan jalan kaki. Meskipun jalan yang kita lalui dipenuhi pepohonan dan rumput semak belukar namun akses ini terlihat jelas sehingga kita tidak khawatir akan tersesat di perjalanan. 

2. Air Terjun Tri Muara Karang


Air Terjun Tri Muara Karang ini berada Desa Blitar Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Air terjun Tri Muara karang memiliki keunikan dimana ia memiliki tiga Tingkat aliran dengang suhu yang berbeda-beda. Pada bagian tingkat yang paling atas adalah aliran air dengan suhu panas, Kemudian di tingkat ke dua kemudian di tingkat kedua ada air terjun hangat dan yang paling bawah dan yang paling tinggi adalah air terjun dingin. Ketinggian dari air terjun yang paling tinggi ini mencapai 100 meter. 

Disekitaran air terjun terdapat batu-batu besar yang biasanya di gunakan oleh pengunjung untuk beristirahat sejenak. Dan perlu anda ketahui untuk masuk ke lokasi wisata anda harus mengeluarkan kocek sekitar Rp.5.000 atau Rp.10.000 untuk parkir motor atau mobil. Sedangkan untuk karcis masuk saat ini masih belum di kenakan tarif apapun, alias gratis broo...! 

Akses untuk menuju lokasi wisata ini terbilang cukup bagus, meski memang harus menggunakan kendaraan roda dua yang sudah di modifikasi. Jarak tempuh dari jalan poros utama lintas Curup-Lubuk Linggau lokasi wisata ini hanya sekitar 3 kilo meter saja. Relatif dekat dan untuk yang ingin advanture bisa juga berjalan kaki untuk menuju ke lokasi area wisata tersebut. 

3. Palak Siring Kemumu 

Air Terjun Bengkulu Yang Memiliki Keindahan Alam Paling Favorit

Untuk wisatawan luar daerah mungkin sangat asing dengan air terjun yang satu ini. Tapi yang harus anda kethaui adalah air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang paling di minatu di kabupaten bengkulu utara. Pada awalnya wisata Air Terjun Palak Siring  ini berada di kawasan kecamatan Arga Makmur tapi setelah adanya pemekaran akhirnya wisata ini masuk kedalam wilayah Kecamatan Arma Jaya tepatnya di desa kemumu. 

Daya tarik utama dari objek wisata air terjun palak siring ini adalah, pemandangan hutan konservasi yang mana di hutan ini merupakan habitat dari bunga raflesia. Daya tarik lain selain hutan konservasi yang masih asri ada juga irigasi peninggalan penjajahan belanda, aliran air sungai yang sangat juga sangat jernih. Air terjun ini berada di wilayah pegunungan sehingga wajar jika air nya tampak begitu jernih dan sangat dingin. 

Akses menuju lokasi tergolong mudah karena akses jalan sudah di aspal hanya saja jalan menuju lokasi sangat berliku sehingga kita harus tetap berhati-hati ketika menuju kesana. Rute terdekat kita bisa lewat arga makmur karena untuk menuju lokasi kita hanya memakan waktu sekitar 15 menit saja. Setelah sampai dilokasi kita akan di kenakan tarif parkir Rp. 2.000 Dan juga tiket masuk Rp. 5000. Sangat terjangkau karena memang saat ini air terjun ini hanya di kunjungi oleh wisatawan lokal saja. 

4. Air Terjun Mandap Sari Sengkuang

Air Terjun Bengkulu Yang Memiliki Keindahan Alam Paling Favorit

Air terjun singkuang terletak di kabupaten kepahiang, Kecamatan Kaba Wetan, Desa Suka Sari. Air terjun ini menjadi salah satu icon air terjun di kabupaten kepahiang. Terlebih lagi ini adalah wisata baru yang paling diminati oleh para pelancong lokal. Air Terjun Mandap Sari Sengkuang ini memiliki ketinggian 15-20 meter saja, tidak terlalu tinggi memang tapi pemandangan alam di sekitar nya amat menakjubkan. Di sekitaran air terjun di hampari pemandangan alam yang masih asri. 

Air terjun mendap sari tidak memiliki cabang air terjun, hanya terjangan satu arah dari sungai itulah yang mengalir kebawah. Tapi yang menjadi daya tarik air terjun ini adalah ada jembatan bambu di bagian bawah air terjun yang bisa di gunakan untuk spot berfoto yang bagus. 

Untuk menuju lokasi air terjun anda bisa menempuh waktu sekitar 2 jam dari pusat kota bengkulu. Tak perlu bersusah hati harus menempuh waktu yang cukup lama untuk sampai kelokasi. Karena di sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan hijaunya kebun teh di kepahiang. Ketika sampai di lokasi kita harus tinggalkan kendaraan kita di atas, untuk masuk kelokasinya langsung. Kita harus berjalan sekitar 5 menit saja untuk sampai di lokasi air terjun nya. 

5. Air Terjun Datar Lebar 

Air Terjun Bengkulu Yang Memiliki Keindahan Alam Paling Favorit

Air Terjun Datar Lebar memiliki keindahan yang berbeda dari pada yang lain. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter kemudian air terjun di di apit dengan dua dinding bebatuan yang besar. Di sekeliling juga kita akan di suguhi hamparan hutan yang masih sangat asri dan alami. Lumut kehijauan yang menempel di bebatuan air terjun memberi kesan bahwa air terjun ini masih sangat alami. Air yang mengalir dari air terjun inipun sangat jernih, mengundang rasa penasaran anda untuk mencoba merasakan mandi disana. 

Selanjutnya untuk akses menuju lokasi air terjun ini memang butuh perjuangan, kita harus berjalan sekitar satu jam dari pemberhentian kendaraan. Tapi meski begitu tak ada masalah karena sepanjang perjalanan kita akan melewati hamparan hijau pesawahan milik warga sekitar. Selain pesawahan kita juga akan di suguhi hamparan hutan lindung yang masih sangat asri, serasa sangat sejuk ketika melewati hutan ini. Jadi silahkan siapkan fisik anda jika anda ingin berkunjung kesini karena perjalanan selama 1 jam berjalan kaki ini membutuhkan tenaga yang extra. 

6. Air Terjun Mandi Angin

Image From : @holiday_mukomuko

Air terjun mandi ingin terletak di kabupaten mukomuko, kecamatan pondok suguh, Desa Air Berau. Air terjun ini di klaim pelancong lokal sebagai air terjun terfavorit di kabupaten mukomuko. Disana kita bisa menikmati keindahan alam yang sesungguhnya air terjun dengan sejuta embun nya, suara percikan air yang membuat tenang, suara binatang yang membuat kita seolah menyatu dengan alam. Kita bahkan tak akan merasa bosan berlama-lama disana, meski hanya berduduk-duduk saja di bebatuan pinggir air terjun. Karena memang disana terasa amat sejuk. 

Ketinggian air terjun ini di kisaran angka 80-100 meter, sangat tinggi bahkan ada yang mengklaim bahwa air terjun mandi angin adalah air terjun tertinggi di provinsi bengkulu. Terlepas benar atau tidak nya klaim tersebut yang pasti adalah keindahan alam yang bisa kita nikmati disini luar biasa. Karena tingginya air terjun ini kita bahkan bisa merasakan embun nya dari jarak 50 meter dari titik air terjun itu jatuh. Di jamin seger deh rasanya kalo kamu kesana, gak bakalan bosen. 

Waktu yang di tempuh untuk sampai kesana dari pusat kabupaten mukomuko sekitar 3 jam perjalanan. Jalan nya relatif gampang bahkan bisa di akses menggunakan mobil maupun motor untuk sampai ke titik terakhir penitipan kendaraan. Selanjutnya untuk menuju lokasi air terjun anda harus berjalan kaki selama kurang lebih 1/2 jam. Setelah setengahjam perjalanan melewati hutan alam yang indah, kelelahan anda akan di bayar lunas dengan keindahan yang di suguhkan oleh air terjun mandi angin. 

7. Air Terjun SP 2 

Air Terjun Bengkulu Yang Memiliki Keindahan Alam Paling Favorit
Image From : @holiday_mukomuko

Air Terjun Sp 2 ini adalah salah satu wisata air terjun yang cukup indah untuk di kunjungi. Air terjun ini masih terlihat asri dengan balutan keindahan nuansa alam yang masih Asli. Ia terbentuk dari sebuah aliran sungai kecil dengan Air yang sangat jernih. Jika anda sampai di tempat ini saya yakin anda pasti tergoda untuk mandi dan merasakan kesejukan air yang jatuh dari ujung tebing. 

Untuk menuju kelokasi air terjun terbilang cukup ekstrim karena belum ada anak tangga yang di buat untuk turun ke lokasi air terjun. Hanya ada jalan setapak saja dengan medan yang sangat curam sehingga untuk turun memerlukan kehati-hatian agar tidak terpeleset. Dan satu lagi jika dalam kondisi hujan di sarankan agar jangan turun karena medan sangat curam dan licin. 

Jarak Tempuh ke lokasi air terjun sendiri lumayan jauh jika kita tempuh dari mukomuko kurang lebih 1 jam. Untuk anda yang dari luar daerah disarankan agar menginap di wilayah penarik karena jarak tempuh dari penarik relatif lebih dekat hanya kurang lebih 15 menit saja. Untuk sampai kelokasi kita bisa menggunakan kendaraan roda 2 saja. 

Keunggulan dari air terjun sp 2 ini adalah kita bisa mandi dan mendekat di pusat jatuh nya air. Arus sungainya juga cukup tenang sehingga tidak takut terseret arus ketika mandi disana. Untuk lebih jelas dari penampakan air terjun tersebut lihat gambar di atas.  

8. Air Terjun Singkai 

Image From : @holiday_mukomuko

Air Terjun singkai memiliki keunikan tersendiri di mata para pelancong, ia memiliki tebing yang tidak vertikal, kemudian ada beberapa cembungan di batuan tebing air terjun. Ini sangat menarik karena dengan struktur tebing yang seperti itu air yang mengalir di air terjun ini pun terlihat menarik dengan percikan-percikan air kecil yang berbenturan dengan batuan. Di Sekeliling air terjun ini di balut dengan hijaunya hutan alam yang indah. Kemudian di bibir sungai di bawah air terjun terdapat batuan besar yang membentengi sungai, di tempat inilah para pengunjung bisa berfoto dengan spot yang bagus. 

Akses menuju lokasi wisata ini terbilang cukup sulit karena sepanjang perjalanan kita akan melewati jalan berbatu melewati perkebunan sawit warga dan milik PT Agro Muko. Bahkan kita juga harus menyebrang sungai menggunakan rakit. Jika sudah sampai di post penitipan sepeda motor, maka selanjutnya untuk masuk menuju lokasi kita harus berjalan kaki sekitar 15 menit melewati jalan setapak dan perkebunan warga. Hati-hati jika hari setelah hujan seperti lokasi air terjun pada umumnya medan yang kita lalui licin dan sedikit berlumpur.  

9. Air Terjun Bandar Jaya 

Air Terjun Bandar Jaya
Image From : @holiday_mukomuko

Air terjun bandar jaya merupakan air terjun yang paling cocok untuk berenang. Karena air terjun ini tidak terlalu tinggi kemungkinan hanya sekitar 3 meter saja. Air di air terjun ini cukup deras jadi untuk yang tidak pandai berenang tidak di sarankan untuk mandi-mandi, "kalo mau mandi di bawah aja yang gak dalem wkwkwk". Pemandangan sekitar air terjun ini adalah perkebunan sawit milik warga. Di atas air terjun terhampar batu cadas yang memiliki ukuran cukup besar-besar. 

Akses menuju lokasi air terjun ini terbilang cukup mudah, dari jalan lintas kurang lebih 15 menit saja. Jalan bisa di akses roda dua dan juga roda empat, dan sebagian dari jalan ini bahkan sudah di aspal. Ketika kita sampai di lokasi kita akan mengeluarkan kocek sebesar Rp. 5.000 untuk biaya parkir kendaraan. 

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search